Ingin jalan-jalan gratis, apalagi ke luar negeri. Tapi, aku masih mahasiswa? Buat jajan aja terkadang masih susah, apalagi harus jalan-jalan sampai luar negeri. Apakah bisa?

Jawabannya, bisa! Kamu bisa, kok, mendapatkan kesempatan traveling gratis kalau mencoba empat cara ini untuk mewujudkannya.

1. Beasiswa

Ada banyak cara untuk bisa pergi traveling ke luar negeri gratis. Coba, deh, ikut program beasiswa yang diadakan oleh pemerintah ataupun swasta. Dengan beasiswa, kamu bisa mendapatkan bantuan keuangan untuk melangsungkan pendidikan di sebuah yayasan, sekolah, hingga instansi pemerintah.

Kalau kamu bisa mendapatkan beasiswa di sebuah kota atau negara, kesempatan tersebut bisa kamu manfaatkan sekaligus untuk jalan-jalan secara gratis. Kalau di Indonesia, kamu bisa menggunakan kesempatan beasiswa dari Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) yang cukup terkenal di kalangan mahasiswa. Beasiswa ini memfasilitasi kamu untuk kuliah di dalam negeri maupun luar negeri. Jika tertarik dengan beasiswa LPDP, kamu bisa langsung browsing ke situs web resminya saja, ya.

Akan tetapi, beasiswa nggak cuma LPDP, kok. Masih ada banyak beasiswa lain seperti beasiswa dari perusahaan swasta hingga beasiswa dari negara atau kampus penyelenggara. Jadi, tinggal sejauh mana, nih, usahamu untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Kapan lagi, bisa kuliah gratis sekaligus bisa traveling secara bersamaan?

2. Crew Event Organizer/ Wedding Organizer

Selama kuliah, pasti ada, dong, libur panjang yang membuat dirimu nganggur beberapa bulan. Nah, daripada nganggur nggak jelas, kamu bisa menjajal jadi crew event organizer paruh waktu. Meski tampak agak berat pekerjaannya, tapi menjadi kru EO bisa bekerja di mana saja. Entah mengurus peluncuran produk, kampanye, konser musik, hingga pernikahan. Tentu tempatnya bisa berbeda-beda, misal hari ini di kota A, besok di kota B.

Kesempatan ini tentu bisa kamu gunakan untuk traveling juga, bukan? Ya, meskipun waktu terbatas, tapi setidaknya kamu sudah mendapatkan pengalaman dan juga fasilitas untuk berkunjung di salah satu kota.

3. Kontes Kecantikan

Kalau kamu dianugerahi fisik dengan tinggi 170 cm, berparas cantik, dan berbadan ideal, tak ada salahnya untuk mencoba kontes kecantikan sejak kuliah. Nggak usah minder dulu soal kecerdasan dan bisa bahasa Inggris atau enggak, itu urusan nanti. Yang paling penting, kamu berani dan percaya diri dengan kemampuanmu.

Kamu bisa mendaftarkan kontes Putri Indonesia atau Miss Indonesia. Ya, buat pemanasan boleh, lah, ikut Duta Daerah yang diadakan di setiap provinsi di Indonesia. Jika lolos, kamu bisa mendapatkan kesempatan ke luar kota bahkan luar negeri untuk mewakili Indonesia dalam ajang internasional. Dengan begitu, selain mendapatkan pengalaman, kamu juga bisa traveling gratis. Selain itu, kamu akan banyak diundang dalam acara-acara penting, mulai dari peluncuran produk sampai acara amal.

4. PIMNAS

Buat kamu yang memiliki banyak ide inovasi, tentu nggak asing, dong, dengan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Program dari pemerintah ini memfasilitasi mahasiswa untuk berlomba karya kreatif bagi mahasiswa Diploma dan S-1. Dalam ajang ini, mahasiswa bisa mengikuti berbagai jenis topik proposal kegiatan.

Kamu bisa, lho, mengambil kesempatan ajang ini untuk traveling secara gratis. Jika terpilih mewakili kampusmu, kamu akan dipertemukan dengan kontestan lain seluruh Indonesia. Nah, tempat pertemuannya ini bisa di kota yang berbeda. Selain berlomba, biasanya kalian juga mendapatkan fasilitas jalan-jalan yang diberikan oleh panitia. Yuk, mulai sekarang berani berprestasi!

Cara-cara lain bisa kamu dapatkan juga dengan membaca buku 69 Cara Traveling Gratis. Dapatkan bukunya sekarang di Bentang Pustaka!